Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru

Berikut ini adalah berkas Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru untuk Guru. Download file format .docx Microsoft Word dan PDF.

 Berikut ini adalah berkas Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru untuk Guru Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru
Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru

Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru

Dalam Panduan Penulisan Soal SD MI ini dijelaskan secara lengkap mengenai Penyusunan Kisi-Kisi, Penulisan Soal, Teknik Penulisan Soal Bentuk Pilihan Ganda, Teknik Penulisan Soal Uraian, Penulisan Soal Berpikir Tingkat Tinggi (higher order thinking skill atau HOTS) lengkap dengan contoh-contoh soal. 

Berikut ini kutipan teks keterangan mengenai Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru ini dari uraian kata pengantar oleh Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D:

Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik merupakan salah satu kegiatan rutin dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil belajar dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan peserta didik, memonitor perkembangan belajar peserta didik, menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai peserta didik dan menentukan efektivitas pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut dapat digunakan berbagai bentuk dan instrumen penilaian. Namun tes tertulis sampai saat ini masih merupakan instrumen yang dominan digunakan dalam menilai hasil belajar peserta didik.

Tes tertulis secara umum dapat dibedakan menjadi tes dengan pilihan jawaban (non-constructed response test), peserta didik hanya memilih dari jawaban yang disediakan, dan tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test), peserta didik harus mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan jawaban sering dikritik karena dipandang tidak dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan jawaban dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, bila tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.

Oleh karena penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh- contoh yang diberikan diharapkan dapat memberikan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut dapat digunakan untuk menilai hasil belajar peserta didik dan memberi informasi yang valid.

Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini ialah penulisan soal tes tertulis khususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh karena itu bentuk penilaian lain seperti portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk penilaian tersebut tidak penting.

    Download Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru



    Download File:

    Pedoman Penulisan Soal SD-MI Edisi Tahun 2017.pdf
    Pedoman Penulisan Soal SD-MI Edisi Tahun 2017.docx


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru. Semoga bisa bermanfaat.

    Berbagai Sumber

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel