Contoh Soal Ukg Part. 1
Sabtu, 09 Desember 2017
Edit
1. Aspek-aspek yang memilih karakteristik karya tulis, kecuali ….
A. sikap penulis
B. panjang goresan pena
C. struktur menu
D. penggunaan bahasa
2. Struktur menu suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari:
A. pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan epilog
B. pendahuluan, abstrak, bab inti, tamat
C. abstrak, pendahuluan, bab inti, tamat
D. abstrak, bab inti, epilog
3.Bagian epilog suatu karya tulis ilmiah, pada umumnya menyajikan ihwal
A. rangkuman dan tindak lanjut
B. tamat umum
C. rekomendasi penulis
D. tamat dan saran
4. Substansi suatu karya tulis ilmiah sanggup meliputi banyak sekali hal, dari yang paling sederhana hingga dengan yang paling kompleks. Berikut ini yaitu contoh-contoh substansi karya tulis ilmiah, kecuali ….
A. pendidikan
B. kebudayaan
C. pemulung
D. informatika
5. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian menurut pada, kecuali
A. fakta atau kenyataan
B. argumentasi
C. teori yang diakui kebenarannya
D. data empirik/hasil penelitian
6. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiah dicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
A. resmi
B. baku
C. impersonal
D. personal
7. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah memiliki komponen ….
A. daftar pustaka
B. abnormal
C. daftar tabel
D. lampiran
8. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih di mana akseptor pesan dan pengirim pesan memiliki latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A. Heterofil
B. Homofil
C. Holomofil
D. Homogen
9. Inovasi merupakan suatu perubahan gres yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A. Santosa S. Hamidjaja
B. Mattew B. Milers
C. Sumantri Mulyani
D. Rabbin
10. Tahap pada ketika individu/kelompok mulai membentuk sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap penemuan dikategorikan .................................
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
11. Perkembangan motorik adalah....................
A. Gerakan yang dilakukan oleh seluruh badan
B. Perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerakan badan
C. Berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot
D. Hasil pola interaksi yang kompleks dari banyak sekali bab dan sistem di dalam badan yang dikontrol otak
12. Ada lima sentra kontrol yang mengatur setiap gerak anak. Salah satunya yaitu bab yang mengatur pergerakan seluruh badan dan koordinasi gerakan tubuh, yaitu
A. Cerebral cortex
B. Batang otak
C. Cerebellum
D. Basal ganglia
13. Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun
A. Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (sepertigunung atau bukit)
B. Menggambar garis bundar dan garis silang (garis tegak dan datar)
C. Menggambar garis lurus
D. Menggambar coret-coretan
14. Karakteristik perkembangan motorik bernafsu anak usia 5-6 tahun
A. Melompat-lompat dengan kaki bergantian
B. Melompat dengan dua kaki sekaligus di atas bak/ hamparan pasir
C. Melompati parit
D. Melompat dengan satu kaki
15. Salah satu faktor yang menghipnotis perkembangan fisik-motorik
A. Kematangan dan pengendalian gerakan badan
B. Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
C. Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
D. Sifat dasar genetik termasuk bentuk badan dan kecerdasan
16. Perkembangan sosial yaitu
A. Penerimaan sosial yang sesuai dengan tuntutan kelompok
B. Perolehan kemajuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial
C. Belajar bergaul dengan orang lain atau anak
D. Penyesuaian sosial sebagai anggota kelompok sosial
17. Proses sosialisasi adalah.................
A. Menyesuaikan sikap dengan patokan yang sanggup diterima setiap kelompok sosial
B. Memainkan tugas sosial yang sanggup diterima setiap kelompok sosial
C. Belajar berperilaku yang sanggup diterima setiap kelompok sosial
D. Belajar berperilaku yang sanggup diterima setiap kelompok sosial
18. Bagaimanakah citra orang yang sosial?
A. Orang yang menginginkan kehadiran orang lain
B. Orang yang kesepian kalau berada seorang diri di suatu daerah
C. Orang yang merasa puas semata-mata alasannya berada bersama orang lain
D. Orang yang perilakunya mecerminkan keberhasilan dalam proses sosialisasi
19. Mengapa keluarga memiliki tugas penting dalam proses sosialisasi anak?
A. Keluarga sebagai lingkungan sosial pertama kali dan anak mendapatkan pendidikan pertama dan utama
B. Keluarga memiliki kewajiban mendidik anak-anaknya
C. Keluarga memiliki kewajiban menawarkan kasih sayang kepada anak-anaknya
D. Keluarga merupakan kelompok kecil yang anggota-anggotanya berinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap
20. Gaya pengasuhan yang mendorong belum dewasa semoga berdikari tetapi masih tetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya yaitu
A. Pengasuhan permissive-indulgent
B. Pengasuhan otoritatif
C. Pengasuhan permissive-indefferent
D. Pengasuhan otoriter
jawabannya:
goresan pena yang diwarnai warna hijau dan miring.
.com
Berbagai Sumber