Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Hasil Revisi 2016 SD,SMP,SMA
Senin, 27 Maret 2017
Edit
Panduan Penilaian Kurikulum 2013 ini kami bagikan sebagai pegangan setiap Guru dalam proses penilaian kurikulum 2013 hasil revisi terbaru tahun 2016. Sebagaimana telah diketahui bersama bahwasanya terdapat beberapa perubahan yang harus diperhatikan oleh setiap Guru sebagai hasil revisi dalam kurikulum 2013 tersebut diantaranya dalam Penyusunan RPP dan proses pengolahan nilai siswa.
Berikut ini kami bagikan pedoman penilaian kurikulum 2013 untuk pegangan setiap Guru SD, SMP, SMA dan Sederajat yang menggunakan Kurikulum 2013 di Sekolah.
Berikut ini kami bagikan pedoman penilaian kurikulum 2013 untuk pegangan setiap Guru SD, SMP, SMA dan Sederajat yang menggunakan Kurikulum 2013 di Sekolah.
Point - point penting dari perubahan Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut :
- Nama Kurikulum tidak berubah menjadi Kurikulum Nasional tetapi menggunakan nama Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang berlaku secara Nasional;
- Penilaian sikap KI 1 & KI 2 sudah ditiadakan disetiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun Kompetensi Inti ( KI ) tetap dicantumkankan dalam penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);
- Jika ada 2 (dua) nilai praktek dalam 1 Kompetensi Dasar (KD), maka yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, dan portofolio) dan diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan, bobot penilaian harian dan penilaian akhir semester itu sama;
- Pendekatan scientific 5M bukanlah satu-satunya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan;
- Silabus Kurikulum 2013 Edisi Revisi lebih ramping hanya 3 (tiga) kolom yaitu KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran;
- Perubahan terminologi ulangan harian menjadi penilaian harian, UAS menjadi penilaian akhir semester untuk semester 1 (satu) dan penilaian akhir tahun untuk semester 2 (dua). Dan sudah tidak ada lagi UTS langsung ke penilaian akhir semester;
- Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP), tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yg digunakan, dan materi dibuat dlm bentuk lampiran berikut dgn rubrik penilaian (jika ada);
- Skala penilaian menjadi 1 - 100. Penilaian sikap diberikan dlm bentuk predikat dan deskripsi;
- Remedial diberikan untuk yang kurang, namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedi inilah yang dicantumkan dalam hasil;
Semoga Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Hasil Revisi 2016 SD,SMP,SMA diatas dapat bermanfaat bagi Bapak/Ibu Guru Sekalian. Silahkan diunduh dan dibagikan, salam pendidikan.